Sebuah cerita tentang Srintil, seorang gadis muda yang “terpilih” menjadi seorang ronggeng.

Berlatar tempat di sebuah desa yang terpencil dan terpuruk, Dukuh Paruk. Kehadiran seorang ronggeng di sana adalah sebuah berkah bagi mereka. Kehadiran seorang ronggeng juga lah yang berhasil menumbuhkan semangat hidup mereka kembali.

Awalnya Srintil sangat senang dirinya “terpilih” menjadi seorang ronggeng. Namun untuk bisa menjadi seorang ronggeng sejati ia harus melewati berbagai ritual yang sangat tidak etis dilakukan di zaman sekarang ini. Namun, degan kehadiran Rasus, sahabat yang selalu setia mendampinginya, ia berhasil melewati segala tantangan untuk naik tingkat menjadi ronggeng di usia kurang dari 15 tahun.

Waktu pun berlalu, kehadiran ronggeng Srintil di Dukuh Paruk telah berhasil mengangkat kembali nama dukuh ini hingga luar daerah. Penampilan Srintil pun menjadi sorotan setiap insan. Penampilannya di setiap panggung pun juga tak pernah sepi pengunjung. Kererotisannya pun semakin menjadi-jadi.

Namun keputusan Srintil inilah yang membuat Rasus semakin menghindar. Semua bayangan Rasus tentang ibunya yang ada pada diri Srintil lama-kelamaan memudar. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi dari Dukuh Paruk, meninggalkan Srintil yang menyimpan hati untuknya dan neneknya sebatang kara.

Pada tahun 1965, ketika  Indonesia digentarkan oleh ulah PKI, maka Dukuh Paruk pun juga dijadikan sasaran. Para pengikut ronggeng difitnah dan akhirnya ditahan, termasuk Srintil. Bertahun-tahun Srintil dijadikan sasaran dan tak diperbolehkan pulang.

Ketika Srintil sudah bebas, ia pun merubah segala tingkah lakunya. Semua penduduk desa pun juga sudah mulai merubah diri. Tak ada lagi pementasan ronggeng. Namun, Srintil nampak kosong. Srintil yang mulai bernjak dewasa ini merasa kehilangan, kehilangan seseorang yang telah menjadi sahabatnya, sahabat yang setia melindunginya, sahabat yang perlahan-lahan dicintainya.

Di tengah-tengah kehampaannya itu, muncul seorang lelaki bernama Bajus. Srintil merasa Bajus beritikad baik dengannya, maka ia pun menjalin persahabatan yang baik dengannya.  Tetapi di tengah-tengah kehampaannya itu juga, muncullah Rasus, Rasus yang telah menjadi seorang tentara. Semua orang di Dukuh Paruk tahu bagaimana perasaan Srintil terhadap Rasus. Mereka akhirnya meminta Rasus untuk menikahi Srinbtil, gadis cantik yang dicintai semua orang Dukuh Paruk. Rasus yang belum berani namun sebenarnya memiliki perasan pada Srintil akhirnya memutuskan untuk pergi lagi. Meninggalkan Srintil lagi.

Beberapa tahun setelah Rasus merampungkan urusannya, ia kembali lagi Dukuh Paruk. Namun alangkah terkejutnya ia ketika bertemu Srintil. Srintil yang telah berubah. Srintil yang dikhianati oleh seorang lelaki bernama Bajus. Srintil yang hilang harapan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Rasus benar-benar menyesal. Namun waktu tak dapat diputar kembali. Rasus mendapati Srintil terpojok di sudut kamarnya. Sesaat menangis, sesaat tersenyum, sesaat berteriak. Srintil benar-benar sudah berubah. Srintil telah gila.

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Anonymous

    punya ebooknya? atau refrensi download ebooknya?
    email ke yogie.tekkimuns@yahoo.co.id
    :)
    salam kenal dan trimakasih...

    January 15, 2013 at 7:34 AM
  2. az-zuhruf

    For Anonymous : wah... maaf nggak punya, ini aja baca di perpus sekolah. Ntar deh kalo saya lagi punya waktu luang saya coba bantu cari. Thanks for your comment!!! :D

    January 15, 2013 at 10:08 AM

Post a Comment

Powered by Blogger.